Sabtu, 14 Juni 2014

Blender Game Engine

BLENDER GAME ENGINE

Definisi Game Engine
Game engine adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat dan mengembangkan video game. Fungsi utama yang diberikan oleh game engine meliputi rendering untuk 2D atau 3D graphic, collision detection, sound, scripting, animasi, artificial intelligence, networking, memory management, threading dan scene graph.

Beberapa Elemen yang Terdapat di dalam Game Engine
1. Tools/Data
2. System
3. Console
4. Support
5. Renderer / Engine core
6. Game Interface
7. The Game

Tipe-tipe Game Engine
1. Roll-your-own game engine
Biasanya, game engine tipe ini lebih disukai karena selain kemungkinan besar tersedia gratis, juga memperbolehkan mereka, para developer, lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri.
2. Mostly-ready game engines
Engine engine ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer / programmer. Semuanya termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model dan texture, dan segalanya.
3. Point-and-click engines
Engine untuk point-and-click merupakan engine yang sangat amat dibatasi, tapi dibuat sangat user friendly. Kamu bahkan bisa mulai membuat game mu sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D.

Macam-macam Game Engine
1. Freeware game engine/open source game engine
- Blender
- Golden T Game Engine (GTGE)
- DXFramework
- Ogre
- Aleph On
2. Commercial engines/game engine berbayar (komersial)
- Alamo
- A.L.I.V.E
- BigWorld
- DXStudio
- Dunia Engine
- Euphoria
- GameStudio
- Blender

Blender
Blender merupakan salah satu program “Modeling 3D dan Animation”, tapi Blender mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D lainnya. Kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki “Engine Game” sendiri dan menggunakan “Python” sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll. Blender menggunakan “OpenGL” sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada berbagai macam “OS” seperti Windows, Linux dan Mac OS X.

MEMBUAT GAME ENGINE BLENDER




Fungsi Custom Shape Rig

Custom shape rig merupakan sebuah metode modifikasi bentuk rigging dengan bentuk shape. Entah ini benar atau salah, namun menurut pendapat pribadi saya memang begitu. Dengan adanya custom shape rig, kita dapat merubah bentuk kontroler rigging sesuai dengan kegunaan masing-masing. Sehingga diaharpkan dapat memudahkan animator dalam melakukan proses animasi.



Catatan: Custom shape rig bukanlah teknik rigging. Hanya modifikasi visualisasi rigging. Sehigga rigging tidak lagi berbentuk tulang / bone namun berbentuk shape yang sudah kita atur sebelumnya.
Cara Membuat Custom Shape Rig

Pada tulisan ini, kami tidak akan menuliskan tutorial rigging, karena kami fokus hanya pada pembuatan tutorial custom shape rig. Kami mengasumsikan bagi yang sudah memiliki sebuah objek dengan riggingnya, sehingga hanya menggunakan custom shape rig ini untuk mengubah visualisasi / penampilan rigging.
Axis Bone

Sebelum membuat custom shape rig ada yang perlu diperhatikan, yaitu axis dari bone bukan armature. Bone merupakan potongan-potongan tulang pada armature. Sedangkan armature adalah kumpulan bone. Jadi lihat axis dari BONE. Untuk melihatnya bisa cek screenshot di bawah ini :



Menampilkan Axis Bone

Setelah mengetahui axis dari bone yang ingin dirubah tampilannya menjadi shape sesuai keinginan kita, sekarang kita buat shape untuk menggantikan tampilan bone tersebut. Buat sesukamu, saya biasanya menggunakan sebuah plane dan menghilangkan face yang ada.



Mungkin sebagai referensi bagi yang ingin mencobanya bisa melihat custom shape yang telah kami buat pada gambar di bawah ini :



Contoh Shape

Untuk memudahkan dalam penggunaannya, gunakan nama shape yang bisa dengan mudah diingat, terutama bagi yang ingin melakukan rigging. Kalau untuk animatornya mungkin memerlukan nama bone yang jelas sesuai dengan fungsinya.
Axis Shape

Setelah membuat shape sesuai dengan bentuk yang diinginkan, pastikan susunan axis dari shape dan bone yang sudah kita buat sebelumnya sama. Kalau tidak sama, akan berdampak pada saat menggerakkan kontroler. Gerakan tidak sesuai dengan arah yang kita tentukan.



Axis Shape dan Bone

Cara Memutar Axis Shape

Tidak semua shape yang dibuat untuk mengubah visualisasi memiliki axis yang sama. Kita perlu sedikit memanipulasi rotasi untuk mengubah axis dari shape yang ada. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah axis shape :
     Seleksi shape yang sudah ada, rotate supaya axis pada shape dan bone sama.

Setelah axis dari bone dan shape sama, masuk edit mode dan rotate seluruh vertex untuk mengembalikan ke posisi sebelum object di rotasi
Setelah itu coba cek pada object mode, posisi axis dari bone dan shape akan tetap sama dan bentuk shape sesuai dengan yang diinginkan.

Mengaktifkan Custom Shape Rig pada Bone

Setelah semua sesuai, kini saatnya kita menggunakan custom shape rig pada sebuah bone yang diiginkan. Untuk mengaktifkan custom shape rig pada bone, ikuti langkah- langkah di bawah ini.




     Seleksi bone yang ingin diubah dengan bentuk custom shape

     Masuk pose mode

     Buka properties bone

     Pada display, pilih nama shape yang digunakan untuk menggantikan bone terseleksi.

Apabila bingung, coba lihat gambar di bawah ini



Mengubah bone dengan shape


Kurang lebih begitulah cara membuat custom rig di Blender, sehingga bentuk controller rigging sesuai dengan yang kita inginkan dan sesuai juga dengan fungsinya. Semoga dengan tutorial blender custom shape rig ini bisa membantu teman-teman yang sedang belajar rigging dan membantu para animator supaya bisa lebih nyaman karena tidak harus menggerakkan tulang-tulang.





Setelah itu dibuat animasinya hingga terciptalah sebuah game engine.
BLENDER GAME ENGINE

Definisi Game Engine
Game engine adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat dan mengembangkan video game. Fungsi utama yang diberikan oleh game engine meliputi rendering untuk 2D atau 3D graphic, collision detection, sound, scripting, animasi, artificial intelligence, networking, memory management, threading dan scene graph.

Beberapa Elemen yang Terdapat di dalam Game Engine
1. Tools/Data
2. System
3. Console
4. Support
5. Renderer / Engine core
6. Game Interface
7. The Game

Tipe-tipe Game Engine
1. Roll-your-own game engine
Biasanya, game engine tipe ini lebih disukai karena selain kemungkinan besar tersedia gratis, juga memperbolehkan mereka, para developer, lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri.
2. Mostly-ready game engines
Engine engine ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer / programmer. Semuanya termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model dan texture, dan segalanya.
3. Point-and-click engines
Engine untuk point-and-click merupakan engine yang sangat amat dibatasi, tapi dibuat sangat user friendly. Kamu bahkan bisa mulai membuat game mu sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D.

Macam-macam Game Engine
1. Freeware game engine/open source game engine
- Blender
- Golden T Game Engine (GTGE)
- DXFramework
- Ogre
- Aleph On
2. Commercial engines/game engine berbayar (komersial)
- Alamo
- A.L.I.V.E
- BigWorld
- DXStudio
- Dunia Engine
- Euphoria
- GameStudio
- Blender

Blender
Blender merupakan salah satu program “Modeling 3D dan Animation”, tapi Blender mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D lainnya. Kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki “Engine Game” sendiri dan menggunakan “Python” sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll. Blender menggunakan “OpenGL” sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada berbagai macam “OS” seperti Windows, Linux dan Mac OS X.

MEMBUAT GAME ENGINE BLENDER




Fungsi Custom Shape Rig

Custom shape rig merupakan sebuah metode modifikasi bentuk rigging dengan bentuk shape. Entah ini benar atau salah, namun menurut pendapat pribadi saya memang begitu. Dengan adanya custom shape rig, kita dapat merubah bentuk kontroler rigging sesuai dengan kegunaan masing-masing. Sehingga diaharpkan dapat memudahkan animator dalam melakukan proses animasi.



Catatan: Custom shape rig bukanlah teknik rigging. Hanya modifikasi visualisasi rigging. Sehigga rigging tidak lagi berbentuk tulang / bone namun berbentuk shape yang sudah kita atur sebelumnya.
Cara Membuat Custom Shape Rig

Pada tulisan ini, kami tidak akan menuliskan tutorial rigging, karena kami fokus hanya pada pembuatan tutorial custom shape rig. Kami mengasumsikan bagi yang sudah memiliki sebuah objek dengan riggingnya, sehingga hanya menggunakan custom shape rig ini untuk mengubah visualisasi / penampilan rigging.
Axis Bone

Sebelum membuat custom shape rig ada yang perlu diperhatikan, yaitu axis dari bone bukan armature. Bone merupakan potongan-potongan tulang pada armature. Sedangkan armature adalah kumpulan bone. Jadi lihat axis dari BONE. Untuk melihatnya bisa cek screenshot di bawah ini :



Menampilkan Axis Bone

Setelah mengetahui axis dari bone yang ingin dirubah tampilannya menjadi shape sesuai keinginan kita, sekarang kita buat shape untuk menggantikan tampilan bone tersebut. Buat sesukamu, saya biasanya menggunakan sebuah plane dan menghilangkan face yang ada.



Mungkin sebagai referensi bagi yang ingin mencobanya bisa melihat custom shape yang telah kami buat pada gambar di bawah ini :



Contoh Shape

Untuk memudahkan dalam penggunaannya, gunakan nama shape yang bisa dengan mudah diingat, terutama bagi yang ingin melakukan rigging. Kalau untuk animatornya mungkin memerlukan nama bone yang jelas sesuai dengan fungsinya.
Axis Shape

Setelah membuat shape sesuai dengan bentuk yang diinginkan, pastikan susunan axis dari shape dan bone yang sudah kita buat sebelumnya sama. Kalau tidak sama, akan berdampak pada saat menggerakkan kontroler. Gerakan tidak sesuai dengan arah yang kita tentukan.



Axis Shape dan Bone

Cara Memutar Axis Shape

Tidak semua shape yang dibuat untuk mengubah visualisasi memiliki axis yang sama. Kita perlu sedikit memanipulasi rotasi untuk mengubah axis dari shape yang ada. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah axis shape :
     Seleksi shape yang sudah ada, rotate supaya axis pada shape dan bone sama.

Setelah axis dari bone dan shape sama, masuk edit mode dan rotate seluruh vertex untuk mengembalikan ke posisi sebelum object di rotasi
Setelah itu coba cek pada object mode, posisi axis dari bone dan shape akan tetap sama dan bentuk shape sesuai dengan yang diinginkan.

Mengaktifkan Custom Shape Rig pada Bone

Setelah semua sesuai, kini saatnya kita menggunakan custom shape rig pada sebuah bone yang diiginkan. Untuk mengaktifkan custom shape rig pada bone, ikuti langkah- langkah di bawah ini.




     Seleksi bone yang ingin diubah dengan bentuk custom shape

     Masuk pose mode

     Buka properties bone

     Pada display, pilih nama shape yang digunakan untuk menggantikan bone terseleksi.

Apabila bingung, coba lihat gambar di bawah ini



Mengubah bone dengan shape


Kurang lebih begitulah cara membuat custom rig di Blender, sehingga bentuk controller rigging sesuai dengan yang kita inginkan dan sesuai juga dengan fungsinya. Semoga dengan tutorial blender custom shape rig ini bisa membantu teman-teman yang sedang belajar rigging dan membantu para animator supaya bisa lebih nyaman karena tidak harus menggerakkan tulang-tulang.





Setelah itu dibuat animasinya hingga terciptalah sebuah game engine.

Sumber:
http://reddevil-cupu.blogspot.com/2010/03/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html?m=0
http://tiar-note.blogspot.com/2013/04/pengertian-games-engine-pada-blender.html?m=1
www.google.com
Sumber:
http://reddevil-cupu.blogspot.com/2010/03/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html?m=0
http://tiar-note.blogspot.com/2013/04/pengertian-games-engine-pada-blender.html?m=1
www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar