Senin, 12 Maret 2012

Tipologi Manusia menurut Claudius Gallenus

Tipologi Manusia.
Tipologi merupakan pengetahuan tentang penggolongan manusia atas dasar kepribadiannya. Kepribadian seseorang tersusun atas dasar vitalitas jasmani dan rohaninya, disamping ada factor tempramen, karakter dan bakat. Dahulu kala ada seorang pemikir Yunani kuno yang merupakan murid Hypocrates (ahli kedokteran) yang bernama Claudius Galenus mengadakan tipologi berdasarkan tempramen, yaitu cairan-cairan yang terdapat dalam tubuh. Berikut ini adalah tipologi manusia menurut Claudius Gallenus tersebut:
1. Sanguinikus
Tipe ini merupakan orang-orang yang mempunyai darah yang banyak didalam tubuhnya. Kepribadian manusia dengan tipe sanguinikus adalah riang, optimis, mudah menyesuaikan diri, perasaan tidak setabil, kurang konsekuen, dan reaksinya tidak di pikir dalam-dalam.
2. Melankolikus
Tipe ini merupakan manusia yang memiliki banyak empedu hitam/melankhole didalam tubuhnya. Kepribadian manusia dengan tipe melankolikus adalah sedih, selalu ketakutan, hati – hati dalambertindak, konsekuen, dan jiwanya stabil.
3. Kholerikus

Manusia dengan tipe ini didalam tubuhnya banyak terdapat empedu kuning/kholeri dengan perasaan dasarnya selalu merasa kurang puas. Kepribadian manusia dengan tipe kholerikus adalah kurang puas, gelisah, emosional, exspolosi, perasaanya hebat dan kuat kesukaran di atasi dengan energi yang berlebihan.
4. Flegmatikus
Manusia dengan kepribadian flegmatikus ini adalah tenang, netral, tidak mudah emosional, tidak mudah terharu, pasif, menjumukan dan bersifat konservatif.
        Berdasarkan keempat tipe tersebut diatas, saya merasa bahwa kepribadian saya termasuk ke dalam tipe flegmatikus karena banyak orang yang menilai saya sebagai sosok yang pendiam, pasif, netral, dsb. Selain tidak mudah dan tidak peka dengan lingkungan baru, saya juga mempunyai sifat yang sangat memiliki harapan dan keinginan-keinginan yang tinggi sehingga apa yang saya inginkan pasti akan saya usahakan untuk mencapainya.


Sumber: http://divaronero.wordpress.com/2011/02/20/tipe-kepribadian-yang-ada-dalam-diri-saya-menurut-tipologi-claudius-gallenus/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar